Wednesday 4 February 2009

Binatang PARASIT yang TINGGAL di LIDAH IKAN

Apakah Anda tahu gambar hewan apakah ini?

Bayangkanlah bila Anda seperti itu, memiliki tiga pasang dan memiliki mulut layaknya makhluk hidup.

Ya. Gambar tersebut adalah gambar dari yang menggantikan posisi dari .

Tidak semua beruntung (mungkin lebih tepatnya sial) bisa memiliki seperti itu. Hanya spotted rose snapper (Lutjanus guttatus) yang dipilih oleh hewan tersebut untuk menjadi inangnya. yang dapat ditemukan di perairan Meksiko hingga Peru ini memiliki ciri khas pada tubuhnya, yakni adanya titik hitam di punggung belakangnya. yang panjangnya bisa mencapai 80 cm ini bersepupu dengan baronang (Siganus guttatus) yang merupakan makanan masyarakat Indonesia. Berikut gambar dari spotted rose snapper yang menjadi dari hewan ini.

tn_lugut_j0

louse3

Lalu siapakah si berkaki itu? Si tersebut bernama Cymothoa exigua. Hewan ini panjangnya hanya 3 hingga 4 cm, bandingkan dengan inangnya yang panjangnya bisa mencapai 80 cm. Lalu bagaimana hewan ini bisa menggantikan spotted rose snapper? Cymothoa exigua memasuki rumah barunya, mulut si melalui ingsang sang . Dengan menggunakan keenam kakinya, si membuat pangkal inangnya berdarah. Karena tidak ada yang mengalir ke , sel-sel yang terdapat di tidak mendapat nutrisi, dan akhirnya si putus. Cymothoa exigua kemudian menggantikan posisi si . Si yang baik hati kemudian berbagi makanan dengan si kecil. Setiap kali ada makanan yang masuk ke perut , Cymothoa exigua mengambil sedikit makanan yang melewatinya. Di bawah ini gambar si kecil di rumah barunya

6a00c2252606458fdb00d09e4c81b4be2b-pi

Bila kita lihat sekilas, sungguh indah hidup si kecil, tinggal duduk dan makan. Namun sebenarnya ia juga berjuang, berjuang untuk masuk ke dalam mulut inangnya. Hidup memang penuh perjuangan. Berjuanglah terus, imut-imut!


FROM : http://www.tunardy.com/2009/02/cymothoa-exigua-lidah-berkaki-enam/





No comments:

Post a Comment