Monday 11 October 2010

Kisah2 Nyata Kesuksesan Setelah Membaca Buku “The Secret”


Agan2, ane mau cerita pengalaman pribadi abis baca buku The Secret & nonton videonya. Mimpi2 ane sebagian udah terwujud stlh menerapkan prinsip2 dlm buku itu. Ane harap agan2 yg punya kisah serupa yuks sharing dimari agar bisa jadi inspirasi & motivasi bagi agan2 yg laen untuk tidak menyerah & selalu optimis dlm hidup.

Sebelumnya ane ulas sedikit The Secret karangan Rhonda Byrne ini. Intinya buku ini mengungkap rahasia orang2 sukses di masa lalu & sekarang dengan hukum tarik-menarik (the law of attraction). Menurut Rhonda, semua orang sukses mengetahui rahasia sukses. Mereka memahami hukum tarik-menarik. "Segala sesuatu yang datang ke dalam hidup Anda ditarik oleh Anda ke dalam hidup Anda. Dan segala sesuatu itu tertarik ke Anda oleh citra-citra yang Anda pelihara dalam benak. Oleh apa yang Anda pikirkan”. Akhirnya, citra2 tsb yg akan menjadi kenyataan dalam hidup agan. Artinya jika agan masukkan citra negative di otak (sengaja/tidak sengaja) maka yg akan tjd adalah kehidupan yg negative. Begitu juga sebaliknya (dan inilah rahasia orang2 sukses yg memasukkan sebanyak2nya citra positif dlm dirinya) sehingga kehidupannya jd positif pula.

Catatan ane thd buku ini adl tidak ditemukannya campur tangan Tuhan. ‘Seolah-olah’ Rhonda ingin mengesampingkanNya serta merubahnya menjadi ‘semesta’. Hal tsb bisa dimaklumi krn bagaimanapun sebuah karya tidak luput dari latar belakang pengarangnya. Jika agan membaca buku2 John C. Maxwell, Peter F Drucker, dll maka agan akan temuin banyak isi dari Kitab Nasrani. Buku2 Mario Teguh walau tidak explicit mencantumkan ayat2 Quran tapi kental bgt nuansanya. Begitu jg dg pengarang yg berlatar belakang atheis seperti Rhonda (gosipnya doi atheis). Pendapat ane pribadi, jika setelah agan membaca buku ini, khususnya bagi yang merasa "agama-nya kuat" apakah lebih menjadikan agan dekat dengan Tuhan? ataukah sebaliknya? Jika sebaliknya segera tinggalkan buku ini!

Waktu kenal buku ini kondisi ane sedang mengenaskan gan. Itu sekitar Desember 2008 – April 2009 pas krisis moneter USA, prusahaan ane kena imbasnya. Semua karyawan gajinya dipotong smp 60%, ada yg dirumahkan, ada yg kerja on off 2 minggu, hampir PHK massal. Pdhl istri ane ga kerja krn ngasuh baby, debt collector kredit ngejar2, ada cicilan KPR, tanggungan biayain keluarga dikampung, beli susu, & biaya2 laen yg diitung2 gaji ane cuma separo kewajibannya.

Sampe saking sulitnya kondisi waktu itu, cincin kimpoi ane gadaiin, hutang ma sohib2, bwt makanpun numpang tinggal ma mertua dg alasan biar dy ga kangen trus ma cucunya (pdhl biar bisa numpang makan…he3). Ane jg sering berantem ma bini krn duit belanja ga cukup.

Paling menyedihkan pas bini kena DBD & rawat inap, sdg uang yg ada di tangan waktu itu cm Rp 2.600,- perak. Bayangin gan, harus ke RS dg uang segitu. Tapi ane ga mau minta2 gan, sampe mertua & ortupun ga tau kl waktu itu ane cuma megang duit segitu. Untung kartu asuransi prusahaan bisa dipakai. Tp msh ada biaya2 laen seperti makan, minum, nebus obat, & biaya2 medis yg ga ter-cover asuransi laennya. Ane ga pikirin, yg penting istri dirawat dl. Waktu itu sampe ane ga makan seharian krn bener2 ga ada duit gan, baru malemnya sodara ngirimin Rp 200rb& ane bisa makan jam 10 malem, rasanya ruarrr biasa akhirnya bisa makan hari itu.

Ane akhirnya sakit & bed rest 2 minggu saking stressnya. Titik baliknya pas ane sakit itu ga sengaja nemu file The Secret.

Ane menghayati bgt bacanya gan. 3 hal yg paling ane tangkep yaitu;
1. Niatin sungguh2
2. Serahkan pada ‘semesta’ (ane ganti dg serahin ke Tuhan) dg trus positive thinking
3. Terimalah hasilnya!

Lalu ane lakuin ini gan ;
1. Niatin sungguh2
Waktu itu cita2 ane pindah kerja di prusahaan asing dg gaji tinggi. mimpi punya mobil V**s. ingin rumah gede di kompleks elit daerah jaktim. ingin lunasin hutang2 kredit. ingin punya banyak anak yatim yg ane santunin, ingin punya usaha sampingan yg banyak, dll. Lalu ane visualisasikan semua mimpi2 itu. Ane kerja di tempat yg banyak bule2nya, ketemu bule2 di lift, ngopi bareng dipantry, kantor yg luas, dsb. Ane bayangin naik mobil V**s dg kecepatan tinggi, dengarin musicnya, pake suara mulut ane menderu2 & oper kopling dg tangan kiri. Gas ane injak dalam2, pokoknya kl orang liat pasti dikira orang gila. Lalu ane bayangin pny rumah gede. pas menapak lantai dinginnya lihat anak ane lari2 memanggil ‘ayah datang.. ayah datang ..’, dsb. Ane visualisasikan mencet2 atm & kirim transfer ke anak2 yatim, dsb. Semua ane usahain terbayang sangat2 nyata spt sesungguhnya.

2. Serahkan pada ‘semesta’ (ane ganti dg serahin ke Tuhan) dg trus positive thinking
Ane pasrahin kondisi itu pd Tuhan gan. Ane brusaha lupain semua masalah2 yg ane hadapi. Toh ane pikirin smp gila juga ga akan bikin duit turun dari langit. Meski masalah tetep rutin datang, ane ubah mind set ane. Yg tadinya stress krn dikejar2 debt collector lalu ane ubah “Kl dy nagih ya minta maaf aja blum bs bayar, kl dy marah2 ya sabar aja, wajar dimarahin wong ga bisa bayar.” Kl bini nyinggung2 duit abis ane ga nanggepin emosi, cuma blg“Yuk kita minta ma yg Maha Kaya!” ehhh bini diem dg itu. Yg tadinya ane berdiam diri meratapi nasib, ane ubah dg banyak sms temen2, nimbrung kumpul2 kawan lama, sambung silaturahmi, aktif di millist, bnyk2 lempar CV, dsb. Tp ane ga obral kondisi sulit ane, kl temen nanya dijawab secukupnya. Sebab kata buku itu semua yg kita lakuin akan balik lagi ke kita. Kalo kita suka obral hal2 negative maka itu yg akan balik ke kita, begitu jg sebaliknya. Jadi walo lg susah ane brusaha nyembunyiin (bahkan mertua &ortu ga tau kondisi ane sebenarnya gan).

Lalu ane perbaiki juga sholat gan, yg dulu suka molor2 ane tertibin tepat waktu di mesjid. Minimal jamaah bareng istri. Sekuat mungkin ane naek motor, tp kl naek angkot masih sempetin kasih lebihan ke sopirnya, walo cm 500 perak. Ane bnyk2 salat tahajud, jg bnyk2 puasa, temen2 kantor blg sholeh pdhl mang ga da duit buat makan. Kl bos ngajak makan seneng bgt tuh .... hahaha. sering ane minta dibawain bekal bini kl lg ga enak badan. Buat susu anak ane bilangin bini suruh beli yg murah2 dl. sebenarnya da sedikit piutang ke temen yg menurut ane waktu itu besar banget & bisa buat nyambung napas, tp ane ikhlasin krn temen ane kayaknya sama kondisinya, ga tega nagihnya. Bener2 waktu itu ane nikmatin semua gan.

3. Terimalah hasilnya!
Sekitar 5 bln ane jalanin itu semua, kondisi mulai berubah gan. Tiba2 manajer HRD dari prusahaan yg dulu pernah interview ane nelpon & minta ketemu. Doi ternyata baru pindah ke prusahaan asing & ingin rekrut ane. Langsung ane ditawarin offer yg waktu itu bikin jantung ane hampir copot gan, doi kasih basic salary belasan jeti. Benar2 ane ga percaya gan! Dan tanpa tes macem2 cuma 1x interview ma doi & lsg di offer! Senin ane ketemu, rabu offer dah di tangan! Allahuakbar!! Sebulan kemudian ane dah 1 lift ama bule2, ngopi2 di pantry, termasuk maen futsal bareng, dsb. Satu mimpi ane jadi nyata gan.
Dg gaji segitu ane percepat lunasin hutang2 kredit itu, walo skrg ane ga pny kartu kredit satupun tp ane bahagia gan bisa ngusir dept collector dari hidup ane. 1 mimpi lg jd nyata.

Alhamdulillah skrg ane punya 8 anak yatim yg tiap bulan ane santunin gan. Ane bener2 skrg tiap bulan bisa mencet2 tombol atm & transfer duit ke mereka, bukan sekedar visualisasi lagi. Tambah 1 mimpi yg nyata!
Tepat 1 thn 3 bln sejak ane visualisasiin nyetir sedan V**s itu, ane tetep ga punya sedan V**s gan sampe sekarang….hehehe. Tp ane nyetir sedan H***a New C**y, walo second siy. Ane bisa genjot sampe 130 km/jam di tol Bakrie Road waktu mudix kmrn sambil dengerin musik. 1 lagi mimpi yg nyata!

Ane mimpi punya rumah di daerah elit jaktim, emang smp skrg blum tercapai. Tp sebulan lalu prusahaan ane launching program housing ownership program & ane kena giliran thn 2012 akan dapet program itu. Semoga ane masih diberi nyawa Tuhan sehingga mimpi itu bisa terwujud gan. Juga impian ingin punya usaha sendiri sepertinya juga tinggal nunggu waktu karna mertua dah ajakin bikin usaha brg.

Terakhir, yg ane critain ini ga bermaksud menyombongkan diri, tp ingin share pengalaman hidup semoga bisa jadi inspirasi yg sedang demotivasi. Semoga yg saat ini mengalami nasib berkesusahan bisa berhenti meratapi diri & menjadi optimis menatap masa depan. semua hanya karena ALLAH swt YG MAHA MEWUJUDKAN

2 comments:

  1. GOOD POSTING GAN...THANKS

    ReplyDelete
  2. dri hal positif semuanya jd baik. salut bwt si mas.. sukses trusz ya...

    ReplyDelete