Wednesday 21 January 2009

BlackBerry Selundupan Marak, RIM Tampak Santai



Popularitas BlackBerry yang kian menanjak di Indonesia memancing pasar gelap untuk memasok BlackBerry selundupan. Namun bukannya khawatir dengan maraknya aksi ini, Research In Motion (RIM) selaku produsen BlackBerry malah terlihat santai menanggapinya.

Adele Beachley, Regional Director RIM Asia Pasific mengatakan, pihaknya mempercayakan sepenuhnya penjualan BlackBerry di Indonesia dengan tiga operator yang telah menjadi mitranya, yakni Indosat, XL dan Telkomsel.

"Model bisnis kami tidak langsung dengan para partner tersebut, namun kami percaya sepenuhnya pada mereka untuk mendistribusikan BlackBerry," ujarnya, saat peluncuran BlackBerry Curve 8900 dan BlackBerry Pearl Flip 8220 di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (20/1/2009).

Tak ada jawaban tegas dari Beachley selaku perwakilan dari vendor yang berkantor pusat di Ontario, Kanada itu seputar reaksi RIM terhadap BlackBerry bajakan ini. Bahkan, tanggapan yang diutarakan terkesan berulang-ulang.

BlackBerry sejatinya dijual lewat program bundling. Di Indonesia, RIM memiliki kerjasama eksklusif dengan tiga operator besar dan satu distributor, yakni Trikomsel.

Namun kenyataannya, ada saja pihak-pihak yang memasukkan perangkat ini secara ilegal ke Indonesia. Belum lama ini misalnya, pihak Bea Cukai Soekarno-Hatta menahan 100 unit BlackBerry karena tidak memenuhi prosedur barang impor.(detik.com)

No comments:

Post a Comment