Monday 19 January 2009

Pengamatan Gerhana Matahari 26 Januari 2009

Kabar baik, untuk temen-temen yang tertarik pada fenomena astronomi.
Pada senin minggu depan akan terjadi fenomena yang tidak kalah menarik yaitu gerhana matahari.

Kenapa dikatakan sangat menarik, karena gerhana ini hanya melewati daratan wailayah indonesia saja khususnya daerah selat sunda dan sekitarnya. Dan gerhana yang melewati Indonesia berikutnya baru akan terjadi pada tahun 2016. Jadi jangan sisiakan momen ini.

Gambaran terjadinya gerhana

Gerhana yang terjadi di daerah tersebut adalah gerhana cincin, dan dapat dinikmati dari awal sampai akhir sekitar 3 jam. jadi temen-temen bisa ngabadiin momen tersebut.


tapi bagi temen di jawabarat atau Bandung dan sekitarnya tenang aja gerhana tersebut juga dapat terlihat, hanya yang terlihat adalah gerhana sebagian, tapi jangan kecewa daerah matahari yang tertutupi bulan sama ko sekitar 80%. jadi yang akan terlihat akan seperti bentuk sabit. Bagus juga untuk di foto.


Nah bagi temen-temen yang ingin ngamat atau melihat fenomena tersebut. Jangan lupa pakai pengaman jangan sampai mata kita langsung mengarah ke matahari yang bersinar. Berbahaya!
Gunakan filter atau pengaman seperti kacamata Gerhana.

Nah bagi temen-temen yang dekat kampus UPI-Bandung, bisa datang ke gedung Fakultas MIPA jam 13.30 untuk mengikuti kegiatan pengamatan bersama. Namun jika tidak sempat bisa juga melihat tayangan langsung dari berbagai titik pengamatan yang dilakukan temen-temen Astronomi .
Seperti yang dilakukan oleh tim HIMASTRON akan memantau di KOTA AGUNG. Tim Langit Selatan akan Memantau di UNILA-Lampung, dan sebagian temen2 lain akan bergabung dianyer, termasuk Tim CAKRAWALA dan Jurusan Fisika FPMIPA UPI akan mengamati di ANYER.

Semua titik tersebut dapat dilihat tayangan langsungnya lewat situs bosscha.itb.ac.id atau gunakan link berikut ini :

http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-upibdg.rm
http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-anyer1.rm
http://rbn.itb.ac.id:8080/ramgen/broadcast/eclipse-anyer2.rm

temen-temen harus mempunyai aplikasi real media player atau codec yang dapat memutar video yang diStream.

Jadi selamat Menikmati Gerhana Matahri Cincin
Oleh : Nurzaman@Cakrawala

No comments:

Post a Comment