Saturday 24 January 2009

ineview, Penerus Intel Atom Lebih Cepat, Lebih Kecil


intel

Intel berencana untuk meluncurkan generasi baru dari CPU Atom dengan kode nama Pineview di pertengahan tahun kedua 2009. Pineview akan datang dalam dua versi, single core yang menargetkan segmen netbook dan dual-core yang menargetkan segmen nettop, menurut sumber DigiTimes.

Pineview akan diproduksi dengan proses 45nm, sudah mengemas fungsi-fungsi northbridge, memory controller dan IGP. Dikombinasikan dengan southbridge Tiger Point yang baru, platform netbook baru ini akan dinamakan Pine Trail-M yang akan dijual dengan harga yang bahkan lebih murah lagi dibandingkan Intel Atom saat ini.

Dibandingkan platform Atom N270, desain Pineview yang sudah mengintegrasikan southbridge dengan CPU dapat mengurangi ukuran motherboard hingga 60%, dari 2.174 mm persegi (N270) menjadi 773 mm persegi, memungkinkan pembuatan produk PC portabel yang berukuran lebih kecil.

Pineview juga akan menggunakan desain PCB empat lapis menggantikan enam lapis untuk menekan harga produksi. Pineview akan memiliki clock speed yang lebih tinggi dari Atom N270 (1,6GHz) dan mendukung memori yang lebih cepat, naik dari DDR2 533 menjadi DDR2 667.

Walaupun Pineview tetap akan menggunakan GPU GMA 950 yang menurut nVidia tidak memberikan kinerja yang memuaskan, frekuensi inti dari GPU tersebut akan ditingkatkan dari 133MHz menjadi 200MHz.

Dari segi konsumsi daya, Pineview juga sedikit lebih baik dari Atom, memiliki TDP maksimum 7 Watt, turun dari 8 Watt dengan konsumsi daya rata-rata hanya 2 Watt. CPU ini juga dapat digunakan tanpa memerlukan bantuan kipas pendingin.

Intel menolak untuk berkomentar tentang produk-produk yang belum diumumkan.

from udaramaya.com

No comments:

Post a Comment