Sunday 18 January 2009

Indonesia Kalahkan Jerman, Italia dan Prancis di WordPress


Indonesia tak selalu kalah jika harus bersaing dengan negara maju macam Jerman, Italia dan Prancis. Buktinya, di ranah blog WordPress, negara kita bisa mengalahkan ketiga negara Eropa tersebut.

Kedigdayaan Indonesia ini dilihat dari bahasa yang tersebar di layanan blog WordPress. Menurut data terakhir per Desember 2008, bahasa Indonesia digunakan oleh 5% blog di WordPress. Sementara blog berbahasa Jerman, Perancis dan Italia masing-masing hanya digunakan tak lebih dari 2%.

"Ada sekitar 300 ribu blog yang mengunakan bahasa Indonesia di WordPress. Namun itu bisa saja pemilik blog tersebut tak berada di Indonesia," ujar perintis WordPress Matt Mullenweg kepada wartawan dalam konferensi pers WordCamp Indonesia 2009 di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta

Lalu bahasa apa yang paling populer di ranah WordPress? Tentu saja masih bahasa Inggris. Bahasa ini masih menjadi pilihan utama blogger di WordPress dengan digunakan sekitar 66% blog, lalu diikuti Spanyol dengan 8%.

Di antara negara-negara pengakses WordPress.com, Indonesia memang merupakan negara yang memiliki trafik tertinggi dibanding negara lain. WordPress.com tercatat menduduki peringkat ke-8 terbesar jumlah pengaksesnya dibandingkan situs lain di Indonesia.

"Selain itu, Indonesia juga menjadi negara dengan pertumbuhan blog WordPress tercepat kedua," tandas Mullenweg.detik.com

No comments:

Post a Comment