Wednesday 14 January 2009

Rancang Sendiri Video Game Anda Sesuka Hati


Bosan dengan game yang itu-itu saja? Kini dengan sebuah program software kreasi game dari Microsoft, Anda bisa merancang game sesuka hati secara sederhana dan dalam waktu singkat.

Kodu, demikian nama program besutan Microsoft yang dirilis untuk Xbox Live tersebut, memberikan keleluasaan kepada user untuk mengontrol tool pemrograman untuk menciptakan video game dengan perintah sederhana.


Dua tahun lalu tim dari Microsoft Research bekerja sama dengan Girls Inc. dan University of Santa Barbara. mengujicobakan program Kodu ke anak-anak sekolah. Ternyata Kodu juga cukup ampuh untuk membantu para pelajar lebih berkembang dalam pelajaran ilmu pengetahuan alam, matematika, logika serta memecahkan masalah.

"Meskipun masih ditahan oleh Microsoft Research untuk waktu perilisannya, Kodu terbukti sebagai alat pembelajaran yang populer, sehingga layak untuk dihadirkan bagi seluruh komunitas Xbox Live," tandas Chris Satchell, chief technology officer dari Microsoft's interactive entertainment business.

Direncanakan, Kodu akan dirilis pada musim semi ini, dengan harga yang masih dirahasiakan.

Ide tentang penciptaan game sendiri oleh pemain telah terlebih dulu dihadirkan oleh Sony melalui perilisan LittleBigPlane untuk PlayStation 3. Di sini pemain berkesempatan menciptakan lingkungan dan level baru untuk karakter game SackBoy. User dapat memerintahkan karakter game untuk menjalankan misi-misi seperti mencari suatu objek atau musuh.

No comments:

Post a Comment