Thursday 8 January 2009

India Berhasil Mencapai Bulan


New Delhi – India bergabung dalam kelompok elit negara yang berhasil menancapkan bendera di bulan. Badan angkasa luar India mengeluarkan foto permukaan bulan yang diambil dari perangkat yang dibawa oleh pesawat angkasa luarnya. Indonesia Kapan Ya……… :) .

Juru bicara organisasi riset angkasa India, BR Guruprasad mengatakan foto-foto telah diambil oleh pesawat angkasa luar India serta data yang dibutuhkan untuk pendaratan di bulan di masa datang.

“Momen pencapaian ini harus dicatat dalam sejarah India dan penghargaan pada komunitas ilmuwan untuk usaha kerasnya membawa India menjadi pemimpin global,” kata Sonia Gandhi, ketua partai yang berkuasa di India.

Setelah ekonomi India booming tahun-tahun terakhir, negara itu mulai membangun sektor teknologi tinggi. Misi ke bulan mulai dijalankan hanya beberapa bulan setelah finalisasi perjanjian dengan AS yang mengakui India sebagai negara yang memiliki kemampuan nuklir.

Hingga saat ini, baru AS, Rusia, Jepang serta badan ruang angkasa Eropa serta kini India yang berhasil mengirim misi ke bulan.

Namun bendera yang dibawa pesawat India tidak sama dengan bendera yang berhasil ditancapkan oleh astronot AS di pesawat Apolo. Bendera India itu hancur, setelah pesawat yang membawanya jatuh dengan keras ke permukaan bulan dengan kecepatan 5.000 kilometer per jam.

Ilmuwan India berharap dapat mempelajari foto dan data yang dikirim untuk melakukan pendaratan di masa datang. Pesawat angkasa India dilengkapi sistem pengambilan video, radar altimeter dan spectrometer.

Sistem video untuk mengambil foto di permukaan bulan, altimeter mengukur ketinggian spectrometer untuk meneliti atmosfer bulan yang tipis.

Guruprasad mengatakan foto yang dirilis merupakan foto mentah dan ilmuwan belum menganalisa informasi yang ada.

Pencapaian ini merupakan langkah pertama India dari dua tahun misi untuk meneliti tidak hanya permukaan bulan, tapi juga yang ada di bawahnya. Chandrayaan berarti pesawat bulan dalam bahasa sanseskerta.

India merencanakan akan mendaratkan kendaraan di bulan pada 2011 dan akhirnya mengirim awak manusia namun belum dijelaskan kapan

No comments:

Post a Comment