Thursday 8 January 2009

Microsoft-Intel Lakukan Kebohongan Publik


New York – Gugatan class-action terhadap Microsoft yang memberikan informasi salah “Vista Capable” membuka skandal baru. Diketahui Intel meminta Microsoft agar menurunkan syarat minimum hardware Vista, agar chipset Intel bisa menjalankan semua fitur Vista.

Sebenarnya chipset Intel seri 915 tidak layak untuk mamasang stiker “Vista Capable” . Namun karena jadwal yang tak bisa ditunda, Microsoft memutuskan tidak menerima permintan Intel dan pura-pura chipset itu memenuhi standar Vista.

Microsoft juga memutuskan untuk memulai pemasaran “Vista Capable” tiga bulan lebih cepat dari yang dijadwalkan. Ini menjadikan Intel kelimpungan, tanpa ada waktu untuk melakukan produksi chipset yang lebih baru dan lebih bertenaga.

Eksekutif Intel komplain kepada eksekutif Microsoft melalui email yang kemudian bocor dan bisa dibaca oleh semua orang. Microsoft memutuskan untuk menenangkan partner lamanya itu dengan mengatakan telah menurunkan standar Vista, meskipun seri 915 tidak mampu menjalankan Aero.

Jika membaca email yang bocor, bisa diketahui kekhawatiran Jim Allchin, wakil presiden untuk platform products and services: “Saya yakin kita sedang menyesatkan konsumen dengan Capable program itu. OEM (produsen komputer) akan mengatakan mesin yang dijualnya Capable dan konsumen akan percaya semua fitur Vista bisa dijalankan. Kita harus menghindarkan kebingungan. Ini salah untuk konsumen,” katanya seperti dikutip dari The Inquirer.

No comments:

Post a Comment