Tuesday, 13 January 2009

Menerbangkan Pesawat Namun Tak Tahu Cara Mendaratkannya


Bagaimana jika ada seorang pilot yang sedang menerbangkan pesawat dengan banyak penumpang di dalamnya namun ia tidak mengerti cara mendaratkan pesawat tersebut? Apalagi sang pilot mengumumkan dirinya tidak mempunyai kualifikasi untuk mendaratkan pesawat yang diterbangkannya. Jelas semua penumpang pasti panik dan shock.Ya hal ini yang terjadi di Prancis, sang pilot milik maskapai Flybe mengumumkan tidak dapat mendaratkan pesawat. Pesawat yang seharusnya mendarat di bandara internasional Charles de Gaulle Paris, Prancis malah dibalikkan ke bandara Cardriff, tempat di mana pesawat yang berpenumpang 80 orang itu take off.


Sebenarnya sang pilot sudah berpengalaman selama 30 tahun lebih, namun menurut sang pilot baru kali ini dia menerbangkan pesawat jenis fog. Pengumuman disampaikan sang pilot 20 menit sebelum mendarat di Paris "Sayang, saya tidak bisa mendaratkan pesawat ini di Paris, jadi kami harus kembali lagi ke Cardriff."Pesawat dengan nomor penerbangan BE1431 ini akhirnya mendarat di bandara internasional Cardriff. Untungnya saat mendarat, jalur pendaratan tidak sibuk sehingga pesawat tersebut dapat mendarat dengan aman.


Selain pilot yang tidak dapat mendaratkan pesawat di Paris, asistennya juga tidak bisa mendaratkannya karena tidak memiliki kualifikasi untuk mendaratkan pesawat.Menurut juru bicara otoritas penerbangan sipil Prancis Civil Aviation Authority (CAA), tindakan pilot tersebut sudah benar dengan membatalkan pendaratan di Paris karena jika sang pilot memaksakan mendarat di Paris maka sang pilot dapat ditangkap. Sementara itu menurut konsultan penerbangan, Simon Gill, kesalahan pilot adalah mengumumkan kalo dirinya tidak dapat mendaratkan pesawat. Aduh...ada-ada saja(andreawongso)

No comments:

Post a Comment